Search

Thursday, April 28, 2011

Window Shopping

Yes, window shopping is always fun...indeed! Mau punya uang, tidak punya uang, bermaksud beli, atau hanya cuci mata, stress relief, atau sekedar olahraga. Itulah asiknya window shopping.

Semalam nonton CSI NY season baru dan di akhir episode ini, ada dialog menarik tentang window shopping. Katanya hidup ini seperti window shopping, semuanya bisa kita lihat tapi kita tidak perlu/harus beli...kita tidak perlu miliki. Saya pikir, itu betul sekali! Bahkan, filosofi itu bisa lebih dikembangkan lagi.

Ada thin red line, batas tipis antara 'butuh' dan 'ingin'. Masalahnya adalah, tergantung situasi, manusia susah membedakan mana 'butuh' dan 'ingin'. Kalau mau ikut kata hati, kita mau semuanya! Tapi 'semuanya' itu belum berarti kita 'butuh' dan tidak akan pernah cukup. Kuncinya, syukuri apa yang kita punya...pasti semuanya berasa cukup.

Filosofi 'window shopping' ini juga bisa dilihat dengan cara lain....cara kita memandang sekitar, cara kita memandang sesama. Kita juga perlu 'window shopping' dengan kesuksesan orang lain....kagum dan belajar, bukan malah jadinya sirik. Seperti layaknya kita kagum dengan manekin yang menggunakan tas dan sepatu Tods yang simple dan nyaman dengan warna terbaru (dan harga selangit....hehheheh), demikian juga kita seharusnya kagum dengan prestasi/pencapaian/keberhasilan/kecantikan orang di sekitar kita. Alangkah indahnya hidup ini kalau semuanya dilihat dari sisi positifnya. We might learn something from that person for us to be better. 'Stealing' in positif meaning :-)
Bisa juga dengan cara lain, menjadikan apa yang kita lihat saat 'window shopping' ke orang lain sebagai 'target hidup'. "Yes, i would like to be like that person!". "Oh, i 100% agree with the way that person sees life'. "Wah, cara hidupnya sehat ya? Pantesan selalu kelihatan segar. I want to know how that person do it". Tentu saja memandang dan kagum dengan sisi positifnya yang layak dicontoh.

Pada intinya, hidup ini pasti indah kalau kita syukuri dan selalu berpikir positif. Sering-seringlah ber'window shopping', supaya bukan hanya mata kita yang puas...tapi hati juga ikutan puas :-). Happy 'Shopping'! :-)

No comments: