Search

Wednesday, March 16, 2011

Pulau Sempu, Jawa Timur

Mungkin masih asing di telinga orang Indonesia, apalagi orang asing ya?

Pulau Sempu adalah sebuah pulau di Jawa Timur, sebuah pulau kecil tanpa penghuni. Bisa ditempuh dengan jalan darat dari Malang, sekitar 4 jam. Untuk ke Malang, bisa dengan pesawat atau kereta dari Jakarta.

Setahu saya, tidak begitu banyak travel yang menawarkan paket jalan ke Pulau Sempu. Mungkin karena akses ke sana yang agak sulit dan kondisi jalan yang kurang bersahabat. Tapi saya sangat bersyukur karena bisa dapat teman jalan yang semuanya asik diajak susah. Tetap rame!

Dapat info dari teman kantor, ada organizer travel backpack murah meriah. Namanya Dal Adventure. Iseng aja, ini pertama kali coba-coba. Udah jadi kebiasaan, ikut sendir tanpa teman buat ketemu teman baru. Betul sekali...saya dapat banyak teman baru. Satu kelompok manusia seumur yang asik abis!:-)

Setelah perjalanan berjam-jam, sampe juga di pelabuhan Sendang Biru. Banyak kapal nelayan dengan warna-warni menarik. Kita dapat satu perahu kecil dan butuh sekitar 20 menit ke teluk Semut. Namanya sesuai ukurannya, kecil.
Jalan kakipun di mulai....track yang menantang penuh becek peninggalan hujan sehari sebelumnya. Ketemu beberapa teman di jalan. Tak terasa, 2 jam jalan kakipun terlewati....dan lelahnya ditebus dengan pemandangan super indah. Ya, kita tiba di Segara Anakan. Wow...ini sih namanya pantai milik sendiri. Perlu dicatat, tidak ada listrik, air bersih, toilet, apalagi spa....hehehhehe. Air segar harus di bawa dari Sendang Biru dan bersiaplah anda untuk tidak mandi air tawar. Jangan lupa bawa bekal atau bahan untuk masak (sama pemasaknya jangan lupa). Makasih banget guide kita, Mas Dody & Mas Yudha yang super siap...sampe Milo pun ada (itu kalo gak dijual sama Randy...heheheh).

Sampai langsung foto-foto menikmati pantai pasir putih yang asli tenang. Kontras dengan pemandangan di balik tebing karangnya, ombak tinggi yang menghempas dan menggerus kokohnya tebing karang.
Malamnya bikin api unggun, sambil menikmati bintang. Ah...segar sekali angin malam ini.

Then a very good night sleep, dibuai ombak dan semilir angin. Ah....capeknya langsung hilang:-)

Besoknya setelah sarapan roti bakar dan berenang dikit, kita siap balik ke Sendang Biru. Bersiap dengan perjalanan jauh dengan medan nan menantang. Lesson learned: jangan salah pake alas kaki kalo tidak mau berakhir dengan terpeleset dan tertusuk sesuatu. Outdoor kets atau rubber boots, tapi yang mau nekad ya sekalian tanpa sepatu...seperti beberapa dari kami. Pintarlah memilih track yang tidak licin. Berkat TUHAN turun dengan hujan super deras saat kami belum setengah jalan. Wah, segarnya air sejuk ini...walaupun track jadi makin terasa berat, tapi sesampainya di Teluk Semut....senyum kemenangan terurai. Yes...we made it!

Pulau Sempu bisa dikunjungi dalam sehari. Tapi rasanya rugi kalau tidak menghabiskan malam di sana.

Ya...Pulau Sempu, sebuah surga di Jawa Timur. Namamu pasti akan terkenal kalau promosi dan support yang cukup kuat dari kita dan tentu saja pemerintah. Akses diperbaiki dan track dijaga kebersihannya (banyak sampah...kasian liatnya kalo kotor gitu).

Oya, perjalanan ini juga bisa diteruskan dengan Bromo (seperti yang kami lakukan, akan ditulis dalam blog lain).

Kalau ada yang sempat lihat inflight magazine Garuda, Pulau Sempu pernah jadi feature di situ.

Terbukti, Indonesia kaya tempat liburan. Sempu hanya salah satu alternatif untuk anda.
To my travel mates: Lina, Sakti, Randy, Yanood, Arief, Mas Dody, & Mas Yudha...dan juga Abi; akasih banyak ya buat salah satu perjalanan yang tak terlupakan buatku. Love you all dan tak sabar rasanya buat gathering selanjutnya:-)

Visit website Dal Adventure bila ada yang tertarik untuk ke Sempu.
Link to Dal Adventure

Pantai Segara Anakan...bagus ya?

Perahu di pelabuhan Sendang Biru

Tebing karang di Pulau Sempu

Fotografer semua pasang gaya, cari objekan. Liat teluknya...indah ya?

Yes...yes, we made it!

Our private beach. Love it!

Ready for home...bertarung!


Ini dia, Teluk Semut

No comments: